ARTI BAHASA BAGI KITA

DENGAN bahasa aku mengungkapkan cinta dan kebencianku… Dengan bahasa manusia menjalin kasih sayang… Dengan bahasa kita lepas dari derita… Dengan bahasa maksud dapat dimengerti… Dengan bahasa kita bersatu membentuk bangsa… Dengan bahasa manusia saling membantai sesama… Dengan bahasa kita menzalimi saudara… Dengan bahasa rezim Orde Baru memberangus kekirtisan rakyat… Dengan bahasa perasaudaraan dan permusuhan dapat dijalin… Dengan bahasa firman Tuhan disampaikan kepada manusia… Dengan bahasa ……….. (?) 

Tanpa bahasa, aku tidak tahu dunia ini akan menjadi dan seperti apa ?  Sudah suratan takdir dari sang Khalik jika makhluk harus menelusup ke dalam simbol bahasa. Nampaknya benar E. Cassirer, manusia adalah Homo Symbolicum….

~ oleh hilman pada Mei 9, 2008.

30 Tanggapan to “ARTI BAHASA BAGI KITA”

  1. satu yang pasti menurut saya sih, bahasa itu adalah sebagai alat komunikasi juga punya tujuan utama yaitu bisa dimengerti lawan bicara… :)

  2. bahasa mempererat tali silaturahim diantara kita

  3. dengan bahasa yang halus dan lembut inginku ucapkan kau selamat malam,sobat.

  4. kalo gak ada bahasa masak manusia mesti berkomunikasi lewat bahasa isyarat melulu? keknya lucu deh kalo jaman modern manusia masih pake tangan dan gerak tubuh untuk komunikasinya…

  5. dengan bahasa juga, cempluk bisa mengomentari blog ini… :D bahasa adalah simbol manusia tuk saling mengerti dan memahami keinginan..

  6. menurutku, bahasa sangat berarti buat kita untuk berkomunikasi…
    tapi sayang menjadi ketidaksenangan saya adalah, kenapa bahasa ingggris sebgai bahasa internasional, kenapa g bahasa indonesia, soalnya aku jadi capek belajar bahasa inggris :(

  7. Lagi belajar bahasa indonesia ya mas? :)

  8. keliru berbahasa juga bikin berantem :lol:

  9. bener banget setuju ama opininya dech

  10. Tanpa bahasa manusia sperti hidup dlm kesendirian, tiada komunikasi, tiada saling mengerti apalagi memahami
    *sok puitis mode on:D

  11. bahasa juga bisa jadi pedang..

  12. Gw cuman keinget aja orang bilang: Karakter bangsa dilihat dari bahasanya.

    Jadi inget tentang bahasa tradisional suku gw yang di kamusnya tidak ada kata terjemahan kata “Maaf”. (loh kok gw bangga sih?)

  13. bayangin aja bro klo gak ada bahasa
    gimana cara kita ngobrol?
    gimana cara kita komunikasi?
    yang ada bisa missundersttanding mlo
    trus terjadi perbedaan pendapat
    trus terjadi adu fisik
    trus terjadi perang

    huaaaa…,, bayangin ndiri aja deh

    wakakakaka :)

  14. Dengan bahasa kita bisa bilang “i love you” / mengungkapkan perasaan dengan orang yang kita sayangi.. karena pengungkapan dengan kata2 terkadang lebih dibutuhkan ketimbang cuma gerak gerik. lebih afdol dipadukan keduanya…
    cieee gaya amat ah..
    :P

  15. @ chic
    apapun yg dikatakan chic aku setuju deh…tkut ditimpuk.. :) :)

    @ hanggadamai
    seperti eratnya kedamaian..

    @ langitjiwa
    berhubung JIWA ku ceria dan LANGIT cerah, aku ucapkan semangat sobat…

    @ ghozan
    bisa-bias kayak saudara tiri kita yang di hutan itu ntar. pake garuk-garuk kepala kalu lagi pengen makn pisang…heheheee..

    @ cepluk
    dengan bahasa juga saya bales komenya mas cepluk

    @ Okta Sihotang
    masalahe, orang indonesia telat datang waktu voting penentuan bahasa dunia. indonesia kandidat terkuta jadi gugur deh…

    @ Rindu
    salah, yg bener lagi belajar ngetik…hihihiiii

    @ wennyaulia
    bilang I Love U juga buat orang jadi GeEr lho…hahahaaa

    @ realylife
    Syiiiiippppp kang said, mantap !!! — nyambung nggak ya jawanya

    @ Amel
    bukan sok, tapi puitis banget kok….Mmmmmmm, bahsa emang dhsyat….

    @ kucingkeren
    saya siapin perisainya yahhh…

    @ Andra
    wah itu harus dibanggakan dong, kalo sudah tidak ada kata “maaf”, berarti semua orang rukun disana tuh, tidak ada yag tersakiti atau disakiti…ckckckckckccc

    @ R’ Kurniawan
    aduh aku nggak berani ngebayangin wan…

    @ tc
    ..so, kita emang butuh banget sama bahasa ya mbak…

  16. tanpa bahasa, ya ndak mungkin ngeblog. krn ngeblog kan mem-bahasa-kan ide dalam bentuk tulisan

  17. bener juga nih postinganmu :)

  18. aq rasa bahasa tu,,,,bunyi/vokal atau simbol2 yang membntuk sbuah arti/mksd yg mendapat taggapan/respon dari orag lain!!!

  19. bahasa tuch expresi perasaan kita betul.

  20. yuphz I agree…
    but take the goodness from that..

  21. mas kalo pingin baca2 melalui internet kita masuk di alamat apa? dan aku juga pingin baca2 tulisan mas fayyadl

  22. hmmmmm………..
    aq suka sangat…

  23. Bahasa itu seperti cinta Klu tidak di ungkapkan tidak ada cinta…
    language is perfect to someone which have something feel in our heart but we must say with language…

  24. bAHAsa mENURUT SAya adlh sesuatu yg sangat berguna………………
    karna tanpa bahasa gag ad yg bsa nyatuin kita bangsa indonesia………………………………
    dan menut sya bhsa inggris jga tdak klah dngan bhasa kita BAHASA INDONESIA krna jman skrang bhasa inngris mnjdi mdadl kita untuk komunikasi qta d msa dpan…………………….
    DESYYKA PUTRI 10c…………………..
    SMANTAP

  25. bahasa itw mengambarkan sebuah kata yang melambangkan setiap langkah perjalanan hidup ini..dimana dengan bahasa orang bisa mengenal satu sama lain..berkomunikasi..
    dan yang terpenting menurut saya bahasa itw KEKAYAAN yang tak ternilai…

  26. Bahasa itu hidup, mati, terbelah, berpindah dari sUatu teMPat ke TEmpat yanG laiN daN BErubah seiriNG wAKtu.. bukanKah begTuuu kaWannnn :)

    bahaSa selain berbeDa dalam pengucapan dan tata bahasanya juga BErbedA dALAm kuLTur berbicarA yanG paDa dasArnya tidak menyebabkan gagguan pada komunikasi yang terJadi..

  27. bhasa adlah yg buat kita saling terhubung antar sesama,,

  28. bahasa adalah sebai alat komunilasi tempat kita mencurah pikiran dan mengukapkan suatu tujuannnnnnnnn

  29. bahasa adalah suatu relasi, keakrapan,dan komunikasi. dengan menggunakan bahasa mka mahluk dapat mengerti pribadi manusia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: