TITIK BALIK !!

PERNAH anda mengalami titik balik di dalam hidup ?. Saya yakin semua orang pasti akan menjejaki titik balik dalam hidupnya yang akan mengubah cara dia dalam memandang dunia hidup, dan bahkan Tuhan.

Tapi bukan peradaban atau sejarah, seperti asa Fritjop Chapra.  Terkadang titik balik itu menjalar dalam hidup dan menembus sendi-sendi personalitas kita. Tidak terkendali dan meledak begitu saja. Titik balik mengubah segala pandangan dunia dalam diri kita, melesakkan kita ke dalam dunia yang berbeda.

Aku pernah merasakan suatu etape spirtualitas yang aku anggap sebagai titik balik diriku dalam memandang dan mendefenisikan Tuhan. Waktu itu, kegalauan dan kegelisahan benar-benar menyelimutiku; Tuhan tidak ada, Tuhan seperti makhluk, Tuhan jelek, Tuhan lemah, cercaan dan keraguan terhadap Tuhan bercampur. Begitu tersiksa, terlintas dalam diriku untuk bunuh diri !!

Tapi, aku melawannya dengan tenaga yang putus asa. Bergelut dengan sebuah pertanyaan dari dalam diriku yang aku jawab sendiri. Akhirnya, aku “menemukan” Tuhan. Yah, defenisiku tentang-Nya berubah, baru, dan berbeda, mengalami titik balik. Tidak bisa digoyahkan dan begitu kokoh, seperti sudah final. Apakah semua orang mengalami semacam ini ?. Rumit, mengerikan, tetapi mengesankan. 

Pada lain bilik, terkadang bermimpi, kapan negeri ini mengalami titik balik ketika memasuki level krisis semacam ini, sehingga tangis derita dan pilu mereka (juga aku) terhapus oleh sumringah kesejahteraan  ?. Mungkinkah 1908 menjadi titik balik negeri ini untuk bangkit ?!. Mungkinkah 21 April yang menjadi kelahiran Kartini merupakan titik balik perempuan Indonesia untuk bangkit ?!. Entahlah, apakah negeri ini sudah mengalami titik balik atau tidak.

TITIK BALIK !!

11 pemikiran pada “TITIK BALIK !!

  1. Titik balik ya?
    aku ngerasa klo titik balik punyaku itu ada di tahun 2003 disaat aku bermula untuk menapak dunia baru. terpisah jarak dan waktu dari orang2 yang kukasihi dan kusayangi utamanya kedua orang tuaku demi mewujudkan cita-citaku.

    hehehe….

    trima kasih atas kunjungannya..
    jangan bosen-bosen yak :)

  2. oRiDo berkata:

    titik balik aku, adalah setelah aku menikah..
    aku ingin lebih baik lagi..
    karena aku sebagai pemimpin dalam keluarga ini..

    menurut aku,..
    yg terpenting adalah kembalikan segala sesuatunya kepada Allah swt.. kebahagian dan kegelisahan, jalan keluarnya ada pada Allah swt yang Maha Kuasa atas segala sesuatu..

    semoga kita semua selalu berada dalam jalan yg di ridhai Allah swt..
    semoga Allah swt selalu membimbing kita…

  3. aku pernah merasakan juga mas..tapai mungkin tak sejauh yang mas pikirkan sampe merasa tuhan tidak ada dan lain lain..

    aku Pernah merasa aku sangat jauh dengan Tuhan…tapi alhamdulillah aku kembali ke jalnnya..

    @atas
    amien

  4. Hilman…akhirnya aku bisa jua memenuhi janjiku untuk kesini…
    Setelah baca Titik Balik, aku jadi kepikiran…ada ide buat cerpen…Terimakasih, Man udah memantik ide di otakku…
    Tapi, mana kopinya? Mana?
    Aku sudah haus kopi (bayangin Drakula lagi ngomong kalo haus darah)…Haus kopi…he2
    Para peminum kopi adalah Drakopi…he2
    Halah jadi ngelantur gini…
    Sukses terus, Man….

  5. @ R’Kurniawan
    titik baliknya mengesankan benget, terpisah dr org yg disayangi…jgn kapok juga maen kesini yah..

    @ oRido
    Saat menginjak titik nadir, menyerahkan sglnya pada Tuhan, begitu menyahdukan…

    @ otakiphan
    Hehehee….titik balik di metro-tipi mlh blm ntn sampe tuntas, mklm antena tipiku jelek…

    @ realylife
    Amiiinn….3x ya allah, alfatihah…– dibaca dg khusyu’ dan serius

    @ zeromask
    ketika kembali ke jalan-Nya, mk titik (itu sdh ber)balik..

    @ dhe
    akhirnya kau mampir jg dhe, lamo drku menunggu. km mmg jenius, cpt bgt dpt inspirasi…dftr, aku jd tokoh utamanya yah…hehehe

    @ wennyaulia
    heheheee…kl gt, aku malah cuma 2 meter…

Tinggalkan Balasan

