Semoga Final Bukan Akhir…

BOLA dimataku cermin dari kehidupan. Bola mengajarkan pentingnya sebuah perjuangan, kekompakan. Bola juga mengajariku betapa ruginya menjadi orang yang egois, hanya mementingkan diri sendiri. Bola juga mengajariku untuk menerima keadaan yang tidak kita kehendaki. Tetapi, bola juga kadang mempertontonkan kepadaku sebuah kemunafikan dan keculasan ; politik.

“Man, diundang sama RF nonton bola bareng malam ini di Mampang,” begitu kata salah satu kawanku via SMS ketika aku asyik browsing data untuk bahan tulisan. Nonton final Euro 2008 antara Jerman Vs Spanyol nampaknya sangat seru. Tapi yang terpenting, satu pelajaran lagi yang aku dapatkan dari bola setelah membaca SMS tersebut. Kebersamaan. Pesan kebersamaan tidak hanya dipertontonkan dalam kekompakan tim sepak bola, tetapi juga menjalar dalam diri para penonton bola.

Selain gila bola, masyarakat dunia dibikin gila untuk nonton bareng. Entah, mungkin itu bentuk kerinduan manusia untuk bersama. Nonton sepak bola sendirian seperti hidup di hutan, terasing dan teralienasi. Nonton bersama memeberikan kepuasaan, sebuah kebersamaan. Bersama merayakan kemenangan atau kekalahan. Bersama ngantuk besok paginya ketika masuk kantor…..Biarlah Euro 2008 berakhir, tapi bukan menjadi akhir dari kebersamaan.

Iklan
Semoga Final Bukan Akhir…

17 pemikiran pada “Semoga Final Bukan Akhir…

  1. kebersamaan..
    kayaknya cuma olah raga deh yg bisa menyatukan dan memberdayakan perbedaan..lainnya cuma gontok-gontokkan.

    btw; senangnya bisa ke blog ini lagi..beberapa kali coba mampir syusaaah banget masuknya, gak tau kenapa.

  2. @ utchanovsky
    wah prediksi salah total, jangankan 2-1, Jerman pun tak mampu bobol gawang Spain..pasti dong prediksimu meleset pren..salam

    @ itikecil
    hidup bloger..!!

    @ menik
    tapi cinta indonesia juga kan bun…? :)

    @ ly
    ini pesan yang mutlak dilaksanakan bagi bloger indonesia..

    @ achoey
    fans Turki, sama dong kang…perjuangannya itu yah, seperti semangat perang badar… he

    @ theloebiz
    bukan hanya demam fin, tapi kangker bola…hahaaa…

    @ jiban
    sepakat aku kang…bola penuh makna..

    @ astrid
    Kali ada yang sabotase mbah\k…atau mungkin pas mau mask ke blogku KPK lagi mampir kemari mbak…

    @ adis
    kalau nggak ada tipi, pake radio dong kang…jd inget masa perjuangan revolusi dulu..

  3. blogwalking kesana kemari isinya EURO 2008 melulu..
    mbok ya gak usah kebanyakan comment, mari kita usahakan gimana caranya biar Indonesia bisa ikut EURO selanjutnya..
    kan hebat toh.. sekalian aja bergabung ma MEE :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s