di hati masih ada embun

“Berbuat baiklah engkau kepada orang yang berbuat buruk kepadamu.”

KALIMAT di atas tidak keluar dari mulut saya, tetapi keluar dari orang-orang yang bijak. Tetapi bagi saya, berbuat baik kepada orang yang berbuat buruk kepada kita jauh lebih mudah mengatakannya daripada melakukannya. Bukan memberi kebaikan, tetapi hati ini lebih memilih membalas dengan keburukan yang sama kepada orang yang jahat kepada kita.

Jiwa yang hina ini memang cenderung memilih memilih melawan api dengan api, tetapi tidak melawan api dengan air. Ruang kasih sayang telah dilenyapkan oleh bara kebencian yang membara kepada orang yang pernah mencelakakan.

Sungguh saya ingin belajar bagaimana cara mengalahkan perlakuan buruk orang lain kepada saya dengan kebaikan, doa, dan kasih sayang. Seperti Rabi’ah yang tidak memberikan ruang benci sedikit pun kecuali rasa kasih sayang di dalam hatinya. Di hati masih ada embun yang sanggup memadamkan segala amarah.

Iklan
di hati masih ada embun

14 pemikiran pada “di hati masih ada embun

  1. Salam
    Ya api memang mestinya dilawan dengan air, memaafkan membuat segalanya menjadi mudah tapi kadang2 untuk case2 yang begitu membuat perih antum bener banget tak semudah kata, butuh waktu dan proses mendelete rasa perih itu :)

  2. Wa.. design barunya bagus niy… rapih :D like it.. btw iyah.. mank lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan.. apalagi kalo kelakukan buruk yang kita terima kadang udah melewati batas kesabaran kita.. apa mau dikata.. but time will answer :) biasanya seiring berjalannya waktu.. kita akan bisa sembuh dari luka di hati itu dan at last.. punya keberanian dan kemauan untuk memaafkan orang yang menyakiti kita..

  3. teori tentang bagaimana memafkan orang lain begitu banyak, tetapi tetap saja dalam tataran praktis sangat sulit diterapkan… memaafkan sifatnya kontemporer.. dalam waktu tertentu_ mungkin kita bisa dengan tulus/ikhlas memberikan maaf_ ttp pada saat tertentu pula akan muncul riak-riak ketidak ikhlasan memaafkan orang yang telah kita beri maaf tsb.

    tapi kl yang ngalmin ini hilman_ bagiku bukanlah suatu masalah besar bukan… hehe… pertunjukanmu (lelaku) kan g’ akan mandek hanya gara2 itu…. hehe..

    ayo semangatsssssss….

  4. memaafkan kesalahan orang yg menyakiti “katanya sdh seharusnya”

    hati msh menyimpan kecewa atas orang yg tlah menyakiti “katanya jg msh wajar”

  5. Radesya berkata:

    Salam kenal,
    kalau kejahatan di balas dg kejahatan, maka tdk akan pernah selesai..,dendam dan kebencian akan membuat sakit batin kita, kasih sayang yang tulus akan memberikan kesejukan pada hati kita dan orang di sekitar kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s